Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Usaha Online

Membuat Usaha Online


Membuat usaha online ternyata hampir sama dengan membuka usaha trandisional atau konvensional, yang membedakan hanya bagaimana kita berinteraksi dengan calon dan konsumen kita serta bagaimana kita menyediakan sajian produk kita.

Produk kita tentunya harus bentuk digital atau sederhananya berbentuk foto (kalau perlu foto yang berorientasi tampak seluruh sudut pandang), kemudian penetapan harga, serta jaminan pengiriman barang yang aman.

Pastikan kita bisa menerima pembayaran dalam bentuk online baik itu tranfer melalui bank atau menggunakan mata uang digital semisal PayPal atau BitCoin.

Pastikan juga barang yang di tayangkan tersedia dan memiliki jaminan sama saat barang tersebut di pesan dan sampai ke tangan konsumen.

Usaha bidang Jasa


Banyak yang bisa dilakukan dengan wirausaha online bidang jasa, contohnya membuat tulisan gratis melalui blog gratis blogger.com yang membantu masyarakat bisa mengetahui informasi di Internet, atau jasa dengan menyediakan video informasi dengan membuat channel YouTube.  Usaha bidang jasa lainnya bisa dengan membuat pelatihan online, atau kursus online yang sudah banyak dilakukan oleh pebisnis online saat ini.

Bagaimana bisnis online ini bisa menghasilkan pendapatan ?, tentunya kita perlu bekerjasama dengan pebisnis lainnya.  Contoh usaha bidang jasa tulisan gratis di blog kita bisa bekerjasama dengan google adsense, blog yang memenuhi kriteria kerjasama dengan adsense akan ditempatkan iklan sehingga saat blog kita dikunjugi atau tulisan dibaca oleh pengunjung blog memungkinkan pengunjung tertarik dengan iklan dan melakukan aktivitas, dengan aktivitas pengunjung ke blog kita, maka kita telah membantu menayangkan iklan adsense dan pihak adsense akan memberikan apresiasi berupa pendapatan yang sesuai dengan kebijakan adsense.

Begitu pula untuk usaha bidang jasa membuat video dan menguploadnya di Channel YouTube, maka untuk video yang sesuai YouTube akan menempatkan iklan (adsense) dan saat pengunjung melakukan aktivitas di YouTube berupa menonton video, mengklik iklan atau subscribe, menyatakan suka (like) dan berbagi (share) memungkinkan kita sebagai wirausaha online akan mendapatkan sharing pendapatan dari iklan yang YouTube tayangkan di video tersebut.

Dalam perkembangannya usaha bidang jasa online saat ini terus berkembang, bahkan bukan hanya yang model bidang usaha jasa gratis seperti yang disebutkan di atas tapi lebih baik lagi, contohnya banyak misalnya usaha bidang jasa online untuk menentukan Hotel di kota tujuan, pemesanan tiket pesawat, financial technology (Fintech), bahkan sampai jasa pengiriman paket dan jasa online lainnya.