Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Menentukan Masa Depan

Pentingnya Menentukan Masa Depan


Kita sudah punya alasan mengenai mengapa nasib harus ditentukan sendiri. Hal yang masih menimbulkan pertanyaan adalah apa pentingnya menentukan masa depan. Atau kenapa kita harus menyusun jalan yang hendak dicapai. Atau dalam bahasa lain, mengapa kita memerlukan rencana.



Pertama, sejak awal harus sudah disadari bahwa kita tidak hidup sendiri. Di seputar kita ada banyak orang. Setiap orang atau setiap kelompok memiliki kepentingan sendiri. Setiap pihak akan mengupayakan agar kepentingannya yang terwujud. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hidup kita penuh dengan persaingan, pertarungan, kompetisi. Para pemenang adalah mereka yang bisa dengan sukses meraih apa yang hendak dicapainya. Pemenang itu sendiri tidak lain dari orang yang bisa bekerja dengan cermat, penuh perhitungan dan pandai memanfaatkan setiap peluang yang datang. Dapat dikatakan bahwa untuk menjadi pemenang anda membutuhkan kejelasan susunan langkah yang hendak dicapai. Hal ini dibutuhkan, agar anda bisa jelas pada setiap langkah yang diambil: apakah anda sedang menuju jurang atau anda sedang menuju keuntungan.



Kedua, membuat rencana adalah kunci dari sebuah kemenangan. Dengan rencana anda akan menjadi pemain yang paling siap di medan pertempuran. Mengapa, sebab dalam menyusun rencana anda akan dipaksa memahami apa yang ada disekitar (eksternal) dan apa yang anda punya (internal). Sel-sel otak anda dipaksa untuk bekerja secara sungguh-sungguh untuk melahirkan sebuah pandangan mengenai keadaan, yang dengan itu anda akan menyusun langkah. Oleh sebab itu, kualitas sebuah rencana sangat ditentukan oleh kualitas dari pemahaman tentang keadaan sekitar. Semakin baik pemahaman terhadap situasi internal maupun ekternal, akan sangat baik. Dalam hal ini dibutuhkan ketajaman dan kejelian, khususnya untuk melihat kenyataan eksternal, sebaliknya dibutuhkan ketajaman dan kejujuran untuk melihat kenyataan internal.





Selalu terdapat dua kemungkinan:Anda ikut atau anda mengikuti, anda penuntunnya.Anda berhak menentukan.